Selasa, 03 Juli 2012

Proposal Skripsi Mata Kuliah Seminar


PENERAPAN CRM DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA HOTEL BINTANG EMPAT DAN LIMA DI BANDUNG

PROPOSAL

Untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Seminar
dosen Bapak Eddy Prasetyo Nugroho, M.T








diajukan oleh:
Pramudiani Ayu Prihastiti
0909179


PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTER
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2012








A.           Judul

Penerapan CRM Dalam Sistem Informasi Manajemen Pada Hotel Bintang Empat dan Lima Di Bandung.

B.            Latar Belakang

Memasuki era globalisasi saat ini sistem informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat pada umumnya. Didukung dengan adanya kemajuan teknologi yang ada sekarang ini, dalam hal ini adalah adanya internet sebagai wadah dari sistem informasi yang berbasis web, diharapkan penyimpanan maupun penyampaian  informasi akan lebih mudah dilakukan. Informasi adalah salah satu sumber daya yang diperlukan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan informasi tersebut perlu adanya sistem yang mengolah data menjadi sebuah informasi yang berharga. Sistem tersebut dinamakan sistem informasi manajemen.
Menurut F. Kelly dalam bukunya “Computerized Management Information System”, mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen adalah perpaduan sumber daya manusia dan sumber daya yang berbasis computer yang menghasilkan kumpulan penyimpanan, komunikasi, dan penggunaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien serta perencanaan bisnis.
Menurut Drs. Soetedjo Moeljodihardjo dalam bukunya “Management Information System; Conceptual Foundation, Structure and Development,  mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen adalah suatu metode untuk menghasilkan informasi yang tepat waktu bagi manajemen tentang lingkungan luar organisasi kegiatan opearasi di dalam organisasi, dengan tujuan untuk menunjang proses pengambilan keputusan serta memperbaiki proses perencanaan dan pengawasan.
Dalam ruang lingkup sistem informasi manajemen, kepuasan pelanggan adalah dimana para pengguna sudah percaya terhadap perusahaan yang telah menyediakan informasi akan kebutuhan pelanggan sehingga pelanggan merasa informasi kebutuhan mereka sudah terpenuhi.
Walaupun kepuasan pelanggan dalam sistem informasi manajemen tidak berarti bersifat ekonomis dan tidak berpengaruh lagsung terhadap usaha atau bisnis yang sedang dijalankan, namun pada hal ini tingkat kepuasan pelanggan dapat diukur dari penilaian-penilaian kualitas informasi yang diberikan oleh perusahaan yang bersangkutan. Semakin tinggi kualitas informasi maka semakin tinggi pula tingakat kepuasan yang diberikan oleh pelanggan. 
Penerapan sistem informasi manajemen harus memenuhi segala informasi yang dibutuhkan, jika informasi tidak sesuai akan kebutuhan para pelanggan dalam hal ini adalah pemakai, maka implementasi sistem informasi manajemen tersebut berjalan tidak sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Sedangkan jika penyampaian informasi sudah sesuai dengan kebutuhan para pelanggan, maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen tersebut sudah berjalan dengan baik dan sudah tercapai tujuannya dalam mengimplementasikan sistem informasi manjemen ini yakni adalah kepuasan dari pelanggannya sendiri.
Dalam menjalin hubungannya dengan pelanggan, perusahaan memperlakukan tiap pelanggannya secara berbeda sehingga untuk itu perusahaan hendaknya mengetahui perilaku pelanggan agar dapat ditetapkan pendekatan yang bagaimana yang akan dilakukan perusahaan dalam menjalin hubungan yang abadi dengan pelanggan. Dimana kedua belah pihak saling beradaptasi berdasarkan kemampuan prosedur untuk membantu pelanggan menciptakan nilai untuk mereka sendiri. Hal ini dapat dibangun melalui hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam perusahaan yang salah satunya adalah pelanggan. Istilah yang berkaitan dengan hubungan dengan pelanggan dalam konteks bisnis saat ini dikenal dengan nama Customer Relationship Management (CRM). Yang merupakan suatu strategi perusahaan yang digunakan untuk memanjakan pelanggan agar tidak berpaling ke pesaing. Perhatian yang besar untuk mempertahankan pelanggan telah menyebabkan banyak perusahaan berusaha mengembangkan continuity marketing program yang ditunjukkan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka (Parvatiyar dan Sheth; 2001:11).
Globalisasi menyebabkan industri jasa yang terdiri dari berbagai macam industri seperti industri telekomunikasi, transportasi, perbankan, dan perhotelan berkembang dengan cepat. Industri perhotelan, khususnya, adalah salah satu industri yang memadukan produk dan layanan. Desain bangunan, interior dan eksterior kamar hotel serta restoran, suasana yang tercipta di dalam hotel, kamar, restoran serta makanan dan minuman yang dijual beserta keseluruhan fasilitas yang ada merupakan contoh produk yang dijual. Sedangkan layanan yang dijual adalah keramahtamahan dan ketrampilan staff/karyawan hotel dalam melayani pelanggannya. Layanan yang prima merupakan salah satu strategi dalam memberikan kepuasan pada pelanggan karena kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam persaingan bisnis. Banyak perusahaan berusaha meningkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi harapan dan kepuasan para pelanggannya. Kualitas layanan sangat terkait erat dengan service performance. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengusahakan CRM untuk menambah nilai bagi perhotelan, misalnya elalui layanan piranti lunak, pelanggan dapat melakukan upgrade piranti lunak secara berkala untuk meningkatkan fungsionalitas dan kehandalan sistem.

C.           Rumusan Masalah

Berdasarkan dengan latar belakang, maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut:
1.   Apakah pengaruh CRM dalam Sistem Informasi Manajemen bagi perusahaan hotel yang sedang menjalankan suatu usaha dalam menciptakan kualitas untuk kepuasan para pelanggannya?
2.   Apakah dampak langsung CRM dalam Sistem Informasi Manajemen bagi hotel?

D.           Batasan Masalah

Agar penelitian ini tidak melebar, maka masalah dalam penelitian ini akan dibatasi. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.    Menganalisis CRM dalam sistem informasi manajemen pada perusahaan hotel bintang empat dan lima di Bandung.
2.    Materi yang digunakan dengan melakukan pendekatan pada perusahaan hotel itu sendiri.

E.            Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat sebagai berikut:
1)        Bagi Peneliti
Mengetahui bagaimana dampak perubahan dari sebuah perusahaan hotel bintang empat dan lima di Bandung yang menggunakan CRM dalam menjalankan usahanya. 
2)        Bagi perusahaan
Mengetahui bagaimana strategi pada CRM bisa digunakan dalam sistem informasi manajemen pada hotel bintang empat dan lima di Bandung untuk meningkatkan tingkat kepuasan para pelanggan dari hotel tersebut.

F.            Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Mengetahui bagaimana penerapan CRM dalam sistem informasi manajemen  pada hotel bintang empat dan lima di Bandung untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
2.      Mengetahui pengaruh CRM dalam Sistem Informasi Manajemen bagi perusahaan hotel yang sedang menjalankan suatu usaha dalam menciptakan kualitas untuk kepuasan para pelanggannya.
3.    Mengetahui dampak langsung CRM dalam Sistem Informasi Manajemen bagi hotel.

G.           Hipotesis

Hipotesis yang digunakan dalam penilitian ini adalah “ Kemampuan dan keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan CRM dalam sistem informasi manajemen pada hotel berbintang empat dan lima di Bandung”.

H.           Tinjauan Pustaka

Sistem informasi manajemen adalah system manusia/mesin. Peranancangan sistem informasi manajemen cenderung mengikat erat pengambil keputusan pada sistem pengolah mesin.
Menurut Robert G. Murdick dan Joel E. Ross dalam bukunya yang berjudul “Sistem Informasi untuk Manajemen Modern” (terjemahan), mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen adalah proses komunikasi dimana informasi masukkan (input) direkam, disimpan, dan diproses untuk menghasilkan output yang berupa keputusan tentang perencanaan, pengoperasian dan pengawasan.
Menurut F. Kelly dalam bukunya “Computerized Management Information System”, mendefinisikan Sistem Informasi Manajemen adalah perpaduan sumber daya manusia dan sumber daya yang berbasis computer yang menghasilkan kumpulan penyimpanan, komunikasi, dan penggunaan data untuk tujuan operasi manajemen yang efisien serta perencanaan bisnis.
Customer Relationship Management (CRM). Yang merupakan suatu strategi perusahaan yang digunakan untuk memanjakan pelanggan agar tidak berpaling ke pesaing. Perhatian yang besar untuk mempertahankan pelanggan telah menyebabkan banyak perusahaan berusaha mengembangkan continuity marketing program yang ditunjukkan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas mereka (Parvatiyar dan Sheth; 2001:11).

I.              Definisi Operasional

Dalam penelitian ini, terdapat beberapa istilah umum yang akan digunakan. Diantarannya yaitu:
a.         SIM (Sistem Informasi Manajemen) merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian
b.         CRM (Customer Relationship Management) merupakan sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi, pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda dengan pelanggan.
c.         Continuity marketing adalah program pemasaran yang ditujukan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
d.        One to one Marketing atau pendekatan pemasaran secara individual merupakan suatu program yang ditunjukkan pada pemenuhan pemuasan kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan ysang unik dan secara individual/perseorangan.
e.         Partnering Program adalah melakukan hubungan kerjasama antara perusahaan dengan pihak lain untuk melayani  para pelanggan.

J.             Metode Penelitian

Metode penelitian menurut Sugiyono (2012:3) adalah sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Terdapat empat kunci yang perlu diperhatikan yaitu, cara ilmiah, data, tujuan, kegunaan tertentu.
Pada penelitian ini digunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk mengui hipotesis yang telah ditetapkan (Sugiyono, 2012:14).
Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

K.           Jadwal Kegiatan Penelitian

No
Kegiatan
Bulan
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Penyusunan Proposal




















2.
Seminar Proposal




















3.
Penyempurnaan Proposal




















4.
Penyusunan Laporan























L.            Daftar Pustaka

Sutabri Tata, Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Andi, 2005.

Davis Gordon B., Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen, Jakarta Pusat: PT. Ikrar Mandiriabadi, 1999.


F. Vanessa Gaffar, CRM dan MPR hotel, Bandung: Alfabeta, 2007.

http://r-veenz.blogspot.com/2009/06/pengaplikasian-crm-pada-perhotelan.html

http://rina1810.wordpress.com/2009/06/18/customer-relationship-management-crm-dan-penerapannya-pada-pt-kalbe-farma/

http://gudangmakalah.blogspot.com/2011_05_01_archive.html

http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/449/jbptunikompp-gdl-diniramdha-22421-3-babii.pdf

http://repository.upi.edu/operator/upload/s_mbs_0608245_chapter2.pdf

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar